Top Ad unit 728 × 90

10 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Penuh Sejarah


Info Tempat Wisata Cirebon – Cirebon adalah salah satu kota tertua yang ada di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Barat dan tepatnya berada di pesisir utara Jawa atau yang lebih dikenal dengan jalur Pantura (pantai utara). Karena letak geografisnya, Cirebon menjadi salah satu jalur utama penghubung anatra kota Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Image by Tilikkana.Com


Cirebon memili perkembangan yang pesat dan menjadi kota ke tiga yang memili kemajuan yang luar biasa setelah Bandung, dan Bekasi. Sealma ini Cirebon dikenal dengan kerajinan batiknya, dan itu yang menjadikan Cerebon sebagai salah satu penghasil kerajinan batik terbesar di pesisir Jawa.
Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang “10 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Penuh Sejarah”, ada baiknya jika kita berkenalan terlebih dahulu dengan kota ini.



Cirebon berasal dari kata saruban, Cirebon adalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gendeng Tapa. Cirebon sekarang menjadi rame dan berkembang menjadi sebuah desa, dan nama Caruban (Carub menurut bahasa Cirebon artinya bersatu padu). Diberinama demikian karena disana bercampur para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya, Sunda, Jawa, Tionghowa dan unsur-unsur budaya bangsa Arab, agama, bahasa, dan adat istiadat. Kemudian pelafan kata Caruban berubah lagi menjadi Carbon dan kemudian Cerbon.


Nah, sekarang kita mulai akan membahas tentang tempat-tempat wisata yang harus sobat kunjungi saat berada di Cirebon. Yuks mari kita simak seacara seksama.

10 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Penuh Sejarah


1. Keraton Kesepuhan Cirebon

Image by TripAdvisor
Keraton Kesupuhan Cirebon merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Cirebon yang banyak dikunjungi wisatawan. Menurut sejarah, keraton termegah dan beara yang ada di Cirebon ini di bangun sejak tahun 1529 oleh Pangerean Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati).

Dari segi bangunan sobat akan melihat kolaborasi/alkuturasi dari budaya Jawa, Sunda, China, India, Arab dan Eropa. Keberadaan dua patung Macan putih yang ada di depan gerbang keraton merupakan lambang bahwa kesultanan Cirebon merupakan penerus kerajaan Padjajaran serta memperlihatkan pengaruh ajaran agama Hindu pada masa itu.

Disini sobat akan melihat benda-benda pusaka milik Kesultan Keraton Kesepuna Cirebon, terlebih bila sobat datang kesini pada tanggal 1 Syawal tahun hijriah sobat akan melihat sebuah kereta Singa yang hanya kan dikelurakan setahun sekali.

Tidak perlu membayar mahal untuk meinikmati obyek wisata Keraton Kesepuhan Cirebon ini, sobat hanya perlu membayar Rp.8000,- saja, dan sobat sudah bisa menikati obyek wisata bersejarah ini.

2. Keraton Kanoman


Image by tindak tanduk arsitek

Selain Keraton Kesepuhan, di Cerebon ada juga Keraton Kanoman. Keraton Kanoman berada tidak jauh dari Keraton Kesepuhan, hanya berjarak 600 meter saja. Keraton Kanoman dibangun oleh Sultan Badaruddin pada tahun 1588. Dari Keraton Kespuhan menuju ke Keraton Kanoman sobat akan melewati sebuah pasar tradisional yang menjual sovenir khas Cirebon, yang memudahkan sobat untuk mebeli oleh-oleh untuk keluaraga di ruamah.

Disini, sobat bisa masuk kedalam musium dan melihat benda-benda peningalan sejarah kesultanan berupa piring-piring antik dari Eropa.

Lokasi Keraton ini berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Cirebon. Untuk dapat masuk kedalam Keraton Kanoman sobat hanya perlu membayar uang masuk sebesar Rp.5000,- saja, sangat terjangkau bukan.

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Image by sandraskosmos.wordpress.com

Masjid ini merupakan bangunan dengan arsitektur yang sangat apik dengan susunan bata merahnya. Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini juaga disebut sebagai masjid Kesepuhan, karena memang letaknya yang berada didalam kompleks Keraton Kesepuhan.

Di halama masjid ini ada sumber air yang kono katanya sama dengan sumber air zam-zam yang ada di Mekkah. Menurut masyarakat sekitar sumber mara air ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan cara meminum atau sekedar membasuhkan air nya kewajah.

Satu hal yang menjadi perhatian kami adalah pintu masuk masjid yang dibuat tidak tinggi, sehingga setiap orang yang hendak masuk harus merundukan badanya. Makna dari pintu yang tidak lebih tinggi dari pengunjung ini adalah bahwa setiap yang hendak masuk kedalam masjid harus merunduk dengan maksud menghormati dan mengajarkan etika kesopanan saat akan masuk kedalam Masjid atau rumah ibadah.

4.Taman Sari Gua Sunyaragi

Image by Tribunnews.com


Tempat wisata ini berada di Keluran Sunyaragi, Kesambian. Nama taman ini berasal dari dua suku kata bahasa sansekerta yakni “sunya” yang artinya sepi dan “ragi” yang artinya raga. Tempat ini memang dahulu digunakan oleh raja dan keluarganya sebagai tempat mencari ketenangan.

Taman Sari Gua Sunyaragi, merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Cerebon dengan luas sekitar 15 hektar. kontruksi dan komposisi b bangunan situs ini merupakan sebuah taman air. Karena itu taman Sari gau sunyaragi disebut juga dengan taman air gua sunyaragi.

Komplek taman sari gua sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu pasanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesangrahan terdapat serambi, kamar tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah serta dikelilingi dengan taman dan kolam. Bangunan gua berbentuk gunungan-gunungan dan di lengkapi trowongan penghubung bawah tanah dan saluran air.

Bagian luar kompleks bermotif dengan batu karang dan awan. Sedangkan pintu gerbang luar berbentuk candi bentar dan pintu dalamnya berbentuk paduraksa.

5. Telaga Remis

Image by IndonesiaKaya.com


Telaga Remis merupakan danau di kaki gunung Ciremai, terpatnya di desa Kaduela, Kuningan Cirebon.  Disini sobat akan disajikan dengan alam yang sejuk dan rindang, karena telaga ini di kelilingi pohon-pohon yang tinggi. Airnya pun sangat jernih kehijauan, sobat bahkan bisa melihat kedalam dasar telaga ini.

Di tempat ini tersedia banyak rumah makan dengan yang akan menawarkan sobat menu sepesial ikan bakar, tak hanya itu sobat pun bisa memancing sendiri dan kemudia menyerahkan ke pihak rumah makan untuk di oleh sesuai permintaan sobat. jadi buat sobat yang hobi makan sekaligus memancing temapat ini adalah tempat yang tepat untuk sobat.

Selain itu disini juga tersedia menu makanan yang namanya sama dengan temapt ini, yupz remis, keranga air tawar yang hidup di telaga remis. menjadi olahan yang diburu karena kandungan protein nya yang tinggi.

6. Taman Ade Irma Suryani

Image by Cirebon Cinnamon


Taman Ade Irma Suryani ini berada dekat dengan pelabuhan Cirebon, taman yang menjadi destinasi wista keluarga yang populer di Cerebon ini dulunya bernama Taman Traffic Garden Cirebon. Kemudaian pada tahun 1966 berganti nama menjadi Taman Ade Irma Suryani.

Fasilitas yang ada di Taman Ade Irma Suryani ini antara lain adalah kebun binatang, taman bermain anak, hiburan musik yang di pandu oleh artis-artis ternama Indonesia, wisata pantai, Cirebon Waterland dan masih banyak lagi lainya.

Untuk tiket masuk dibagi menjadi dua bagian, untuk masuk menikmati Taman Ade Irma Suryani sobat hanya perlu membayar Rp.15.000,- masih dalam jangkauan bukan. Nah namaun jika ingin menikmati Cirebon Waterland sobat harus mengeluarkan uang sebesar Rp.60.000,- untuk ini sudah termasuk menikmati Taman Ade Irma Suryani.

7. Banyu Panas Palimanan

Image by tikami


Tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi pengunjung saat hari libur ini berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon. Dari pusat kota Cirebon untuk menuju ketempat ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan. Banyu panas Palimana ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, karna air ini mengandung belerang yang baik untuk kulit.

Untuk tiket masuk kedalam tempat wisata ini terbilang sangat murah, sobat hanya perlu membayar Rp.4.500, untuk masuk kedala dalam lokasi. Sedang untuk menikmati sensasi air panas sobat hanya perlu menambah uang Rp.6000,-. Temapt ini difasilitasi dengan berbagai fasilitas seperti, Gazebo untuk beristirahat, toilet, kamar ganti, kamar bilas, dan masih banyak lainya.

8. Kerajinan Batik trusmi

Image by info objek wisata


Disini merupakan salah satu tempat kerajinan batik terbesar yang ada di Cerebon. Nama Trusmi diambi dari salah satu murid Sunan Gunung Jati, yakni Ki Gede Trusmi, bliau adalah seorang pendakwah yang mengenalkan agama Isalm kepada penduduk Cirebon dan sekaligus mengajarkan kepada para penduduk cara membatik.

Ditempat ini bayak menjual batik dengan motif yang berfariasi dan unik. Tempat ini sangat rekomed banget buat sobat yang ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga.

9. Telaga Nilam

Image by tempat.me


Pertama melihat telaga ini apa yang muncul dalam fikiran sobat? hemmm rasanya ingin bergeas lepas pakaian untuk segera nyebur dan menyelam kan? heheheh apa yang sobat fikiran sama dengan yang kami fikirkan.

Telaga Nilam ini berda tak jauh dari Telaga Remis, hanya berkisar jarak 500 meter dari telaga remis. Tempat ini terdapat Gazebo-gazebo yang bisa sobat gunakan untuk beristiraht setelah puas berendam dalam telaga.

Sayang nya disini belum tersedia fasilitas yang memadai seperti kamar mandi atau Wc. Disini hanya ada satu warung yang menjual makanan dan minuman.

10. Palutung dan Curung Putri

Image by voinews.id


Palutung dan Curung Putri, adalah salah satu objek wisata alam di Kuningan. Palutung dan Curung Putri merupakan kawasan hutan dan air terjun yang terletak di kaki gunung Ceremai tepatnya di Kecamatan Cigugur, berjarak kurang lebih 10Km dari pusat kota Kuningan.

Palutung dan Curung Putri ini memili luas kurang lebih 5 hektar dan dikelolah oleh perum kehutanan Kuningan.  Adapun fasilitas dini sudah cukup memadai, mulai dari: rafting, camping area, saung, pos jaga, pondok kerja, papan petunjuk, instalasi air bersih, shelter, tempat sampah, bangku, MCK dan musholla. Ditempat ini  sobat juga dapat pula bersantai dan menikmati jajanan yang tersedia.

Demikan temtang “10 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Penuh Sejarahsemoga menjadi salah satu daftar destinasi wisata sobat saat berkunjung ke Cirebon.


10 Tempat Wisata Di Cirebon Yang Penuh Sejarah Reviewed by Unknown on Mei 31, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Info Tempat Wisata Instagramable © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Share by Star Tuan

Isi kontak sesuai data pribadi

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.